Javanica Media Logo

Viral Pengakuan Jemaah Haji Asal Makassar, Tenyata Emas Yang Dipakai Imitasi

0 Komentar: 30 Dilihat

Bea Cukai kabupaten Makassar mengungkap emas yang dibawa Jemaah Haji asal Makassar, Sulawesi Selatan, Suarnati Daeng Kanang (46) yang videonya viral di media sosial karena membawa pulang perhiasan emas seberat 180 gram ke Tanah Air, setelah membelinya di Tanah Suci ternyata bukan emas asli atau hanya imitasi. Setelah melakukan pemeriksaan dan mengunjungi kediaman yang bersangkutan untuk dilakukan konfirmasi. Bersangkutan secara kooperatif menunjukkan perhiasan emas nya saat turun dari pesawat dan dicocokkan dengan video viral tersebut. Dan memang kesimpulanya adalah perhiasan tersebut sama dengan vodeo pada saat dia datang dari Jeddah menuju Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

Selain itu, Suarnati bilang memang membeli barang tersebut dari Arab Saudi dan bukan merupakan emas asli dengan harga di bawah satu jutaan. Jadi, menurutnya, memang dalam ketentuan membawa barang bawaan penumpang khususnya yang tiba dari Internasional ada pembebasan sebesar 500 Dolar Amerika. Selama barang itu berada di bawah 500 Dolar Amerika, maka akan diberikan pembebasan bea masuk dan pajak dalam rangka impor, jadi bebas pajak. Permasalahn ini sudah diklarifikasi di bea cukai. Informasinya, tidak ada permasalahan lagi di Bea Cukai. Sudah klarifikasi semuanya terkait video yang viral itu. Dari jam delapan tadi telah diperiksa pihak bea cukai.

Jemaah Haji asal Makassar, Sulsel, Suarnati viral di media sosial usai memamerkan sejumlah emas di tubuhnya setelah mendarat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar di Kabupaten Maros pada Rabu (5/7/2023) untuk kloter pertama sepulang melaksanakan ibadah haji di tanah suci.

banner

Jemaah Haji perempuan ini ketahui adalah seorang pengusaha makanan yang aksinya kemudian di rekam dan videonya viral di media sosial hingga akhirnya berurusan dengan Bea Cukai untuk diperiksa berkaitan barang mewah bawaannya.

javanica media logo

Kontradiksi Times

Jurnal Demokasi

Vertikal News

Portal Hukum

Sport

Selebritis News

Agribisnis