Javanica Media Logo

Pentingnya Pertanian dalam Pembangunan Berkelanjutan Guna Menghadapi Tantangan Global

0 Komentar: 175 Dilihat

Pertanian telah menjadi bagian integral dari kehidupan manusia selama ribuan tahun. Pertanian disebut sebagai sektor ekonomi terbesar di dunia, pertanian juga mempunyai peran penting untuk memenuhi kebutuhan pangan, perekonomian, serta keberlanjutan lingkungan.

Pertanian adalah penyedia makanan bagi populasi dunia dan kini semakin meningkat. Tanpa pertanian yang produktif, kita tidak akan dapat memenuhi kebutuhan pangan dan krisis kelaparan pun mungkin terjadi. Dalam pemberdayaan ekonomi, pertanian menjadi mata pencaharian bagi jutaan orang di seluruh penjuru dunia, terutama di negara-negara berkembang. Sebagai sumber penghasilan utama bagi sebagian besar masyarakat pedesaan, pertanian dapat membantu mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi.

Pertanian juga berperan dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Praktik pertanian berkelanjutan dapat membantu mencegah degradasi tanah, deforestasi, dan pengurangan biodiversitas. Untuk lingkup lahan pertanian, ketersediaan lahan bisa semakin berkurang karena urbanisasi dan perluasan infrastruktur, yang dapat mengancam ketahanan pangan di beberapa wilayah. Pertanian juga membutuhkan sumber daya seperti air, energi, dan sumber daya lainnya. Penggunaan yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan terjadinya kelangkaan sumber daya alam. Begitupun dengan pemberian pestisida dan pupuk, jika digunakan dalam jumlah yang berlebihan dapat mencemari lingkungan dan menimbulkan masalah kesehatan bagi manusia. Untuk itu dibutuhkan pelatihan dan pendidikan kepada petani tentang praktik pertanian berkelanjutan dan inovasi teknologi terbaru.

Pertanian memiliki peran sangat penting dalam menyediakan makanan, membuka lapangan kerja, serta mendukung perekonomian global. Namun, sektor ini juga dihadapkan pada tantangan yang besar, terutama terkait perubahan iklim dan degradasi lingkungan. Dengan mengambil langkah-langkah untuk menerapkan pertanian berkelanjutan dan inovatif, kita dapat menghadapi tantangan global dan mencapai pembangunan berkelanjutan dalam konteks pertanian.

banner
javanica media logo

Kontradiksi Times

Jurnal Demokasi

Vertikal News

Portal Hukum

Sport

Selebritis News

Agribisnis